Kamis, 12 November 2015

Semakin besar masa semakin besar inersianya


Pasukan Jangan Simpan Objek Bergerak

Isaac Newton dibangun di atas pengalaman Galileo tentang gerak. Hukum pertama Newton tentang gerak menyatakan bahwa gaya yang tidak diperlukan untuk menjaga obyek bergerak. Geser buku di meja dan menonton geser ke posisi istirahat. Buku dalam gerak di atas meja tidak datang ke posisi istirahat karena tidak adanya kekuatan; melainkan adalah kehadiran kekuatan - yang memaksa menjadi kekuatan gesekan - yang membawa buku ke posisi istirahat. Dengan tidak adanya kekuatan gesekan, buku akan terus bergerak dengan kecepatan dan arah yang sama - selamanya! (Atau setidaknya sampai akhir atas meja.) Sebuah gaya tidak diperlukan untuk menjaga buku bergerak dalam gerakan. Pada kenyataannya, itu adalah kekuatan yang membawa buku untuk beristirahat.
 
 



Massa sebagai Mengukur Jumlah Inersia

Semua benda menolak perubahan di negara mereka gerak. Semua benda memiliki kecenderungan ini - mereka memiliki inersia. Tapi beberapa objek memiliki lebih dari kecenderungan untuk menolak perubahan dari yang lain? Pastinya ya! Kecenderungan suatu benda untuk melawan perubahan keadaan gerak bervariasi dengan massa. Massa adalah bahwa kuantitas yang semata-mata tergantung pada inersia suatu benda. Semakin inersia bahwa sebuah objek memiliki, semakin massa yang memiliki. Sebuah objek yang lebih besar memiliki kecenderungan lebih besar untuk menolak perubahan keadaan gerak.

Misalkan ada dua batu bata yang tampaknya identik beristirahat di meja kuliah fisika. Namun satu bata terdiri dari mortar dan batu bata lainnya terdiri dari Styrofoam. Tanpa mengangkat batu bata, bagaimana Anda bisa tahu mana bata adalah batu bata Styrofoam? Anda bisa memberikan batu bata dorongan identik dalam upaya untuk mengubah negara mereka gerak. Bata yang menawarkan perlawanan sedikit adalah batu bata dengan setidaknya inersia - dan karena itu bata dengan setidaknya massa (yaitu, batu bata Styrofoam).

Sebuah umum fisika demonstrasi bergantung pada prinsip ini bahwa objek yang lebih besar, semakin banyak yang keberatan menolak perubahan keadaan gerak. Demonstrasi berjalan sebagai berikut: beberapa buku besar ditempatkan di atas kepala guru. Sebuah papan kayu ditempatkan di atas buku-buku dan palu yang digunakan untuk menggerakkan paku ke papan. Karena massa besar buku-buku, kekuatan palu yang cukup menolak (inersia). Hal ini ditunjukkan oleh fakta bahwa guru tidak merasakan pukulan palu. (Tentu saja, cerita ini mungkin menjelaskan banyak pengamatan yang telah Anda buat sebelumnya mengenai Anda "guru fisika aneh.") Sebuah variasi umum dari demonstrasi ini melibatkan melanggar batu bata atas tangan guru menggunakan pukulan cepat dari palu. Batu bata besar melawan kekuatan dan tangan tidak terluka. (PERHATIAN: jangan mencoba demonstrasi ini di rumah.)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar